ERTIGA DIESEL HYBRID LAUNCHING FEBRUARI 2017

Suzuki Ertiga Diesel Smart Hybrid akan launching di bulan februari 2017 di Yogyakarta. Teknologi Hybrid yang disematkan pada Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid ini merupakan yang pertama di kelasnya.

Spesifikasi Ertiga Diesel

Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin Diesel D13A berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin itu ditambah dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System). Mesin diesel ini mampu menyemburkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm. Sementara torsi maksimalnya bisa mencapai 200 Nm yang sudah terisi pada 1.750 rpm. Sistem hybrid pada dasarnya menggunakan dua jenis atau lebih sumber tenaga. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini menggabungkan mesin diesel dengan motor listrik yang didukung oleh aki 70 Ah. Ada tiga komponen utama di sistem ini yaitu mesin diesel D13A itu sendiri, baterai khusus 70 Ah dan Integrated Starter Generator (ISG).

ISG merupakan salah satu otak dari sistem hybrid ringan ini dan memiliki dua fungsi dasar. Pertama sebagai generator. Jadi saat deselerasi ISG menangkap energi untuk charge ulang dan menyimpannya di baterai. Yang kedua ISG juga sebagai motor yang akan memberikan tambahan torsi ke mesin, saat akselerasi.

Keunggulan Ertiga Diesel Hybrid

Fitur idle start/stop system memungkinkan mesin bakal mati ketika kendaraan dalam keadaan berhenti. Baterai pada mobil ini bertugas memberikan tenaga listrik ketika mesin sedang mati. Saat kondisi iddle start/stop, baterai akan menggantikan sumber tenaga untuk mengaktifkan fungsi kelistrikan mobil. Jadi Fitur-fitur kelistrikan mobil akan tetap berjalan normal.

Dengan fitur idle start/stop system, Suzuki menciptakan teknologi ini untuk menghemat energi dan konsumsi bahan bakar. Sehingga yang didapatkan adalah bbm irit, tidak ada energi yang terbuang dan lebih ramah lingkungan.

Prasyarat untuk mengaktifkan idle start/stop system kalau tombol idle start/stop system menyala, pengemudi memakai seatbelt, pintu mobil dan kap mesin tertutup rapat, tidak menginjak kopling, transmisi dalam keadaan netral dan mesin tidak digas-gas.

Pada saat kendaraan akan jalan, idle start stop system akan merestrat mesin menggunakan ISG dengan getaran yang halus. Untuk kembali menyalakan mesin, tinggal menginjak pedal kopling dan syarat seperti pengemudi memakai seatbelt, pintu mobil dan kap mesin tertutup rapat.

Keunggulan selanjutnya adalah brake energy regeneration. Brake energy regeneration bertugas untuk menangkap energi, untuk men-charge ulang energi listrik dan disimpan di aki.

Prasyaratnya untuk mengaktifkan brake energy regeneration adalah mesin harus berinteraksi dengan roda, artinya kendaraan dalam bergerak. Pengendara tidak menginjak pedal kopling, transmisi tidak netral.
mesin ertiga diesel
Selanjutnya ada torque assist function. Ini bertugas untuk memberikan tambahan torsi ke mesin saat akselerasi. Pada saat berakslerasi, ISG memanfaatkan energi dari baterai untuk berperan sebagai motor. ISG membantu mesin untuk memberikan tenaga dorong lebih sehingga beban mesin sedikit berkurang tapi putaran mesin ringan dan mendukung efisiensi bahan bakar.

Terakhir adalah gear shift indicator (indikator ini memberikan saran kepada pengemudi untuk mengganti gigi demi mendapatkan efisiensi maksimal). Jika ada tanda panah ke atas pada indikator itu, maka pengemudi disarankan untuk menaikkan gigi, begitu sebaliknya jika ada tanda panah ke bawah. Jika indikator ada gambar bulat di sebelah angka posisi gigi, maka mobil disarankan untuk tetap pada posisi gigi itu.

Perbedaan Ertiga Diesel Hybrid dengan Ertiga GX Bensin
Perbedaan Ertiga Diesel Hybrid dengan Ertiga tipe GX bermesin bensin. Perbedaannya ada di eksterior dan interior selain pada sektor mesin.

1. Eksteriornya, New Ertiga Diesel Hybrid ini memiliki headlamp with leveling feature. Level headlamp (tinggi rendahnya sorotan lampu utama) bisa diatur secara manual untuk menambah pencahayaan sesuai kontur jalan.

2. Emblem baru dan defogger(meminimalisir kadar embun yang ada di di kaca belakang).

3. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi dengan power window auto down untuk posisi sopir dan dua tweeter di bagian depan, AC with heater, SHVS switch on/off untuk mengaktifkan fitur idle start/stop system, gear shift indicator(indikator ini memberikan saran kepada pengemudi untuk mengganti gigi demi mendapatkan efisiensi maksimal. Jika ada tanda panah ke atas pada indikator itu, maka pengemudi disarankan untuk menaikkan gigi, begitu sebaliknya jika ada tanda panah ke bawah. Jika indikator ada gambar bulat di sebelah angka posisi gigi, maka mobil disarankan untuk tetap pada posisi gigi itu).
4. day night mirror.

5. Parking sensor 4 point di belakang

Pilihan Warna Ertiga Diesel

1. Superior White

ertiga diesel warna putih

2. Silky silver

3. Granite Grey Metallic

ertiga warna abu abu grey

Konsumsi Bensin Ertiga Diesel
Konsumsi bahan bakar Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 km/liter, yang dilakukan di BT2MP-BPPT pada Januari 2017

Harga Ertiga Diesel dan Sistem Inden Ertiga Diesel

Untuk Harga Ertiga Diesel Yogyakarta Kedu dan Banyumas, dan sistem inden Ertiga Diesel ini,bisa Hubungi:

HANNY SULIANTORO
XL : 0878 3876 7022 (WhatsApp)
AS : 0851 0184 7822

BBM HANNY SUZUKI

Tags